Trading Saham Luar Negeri Modal Kecil

Banyak yang berpandangan apabila kegiatan trading saham luar negeri  modal kecil itu merupakan sebuah kegiatan bisnis tidak mungkin dan bahkan membutuhkan modal sangat besar. Padahal dalam kenyataannya, aktivitas tersebut tetap bisa dilakukan meski hanya memiliki modal yang kecil saja. Jadi siapa saja dapat bergabung di bisnis trading saham luar negeri ini, termasuk masyarakat Jakarta dan daerah lain di seluruh Indonesia bahkan dunia. ( Baca: cara beli saham di bursa luar negeri, tawar saham dan dapatkan profitnya, cara trading saham online untuk pemula di jakarta

Terlebih lagi saat ini semakin banyak penyedia jasa trading saham secara online, dimana seorang trader tidak usah repot lagi datang ke kantor bursa untuk menjalankan semua kegiatannya. Bahkan jika ingin lebih praktis dan hemat waktu atau tenaga, trading saham secara online justru jauh lebih dianjurkan dibanding menggunakan sistem konvensional.

Poin terpenting atau tingkat keberhasilan dalam menjalankan trading saham itu tidak terletak pada besar kecilnya modal yang dikeluarkan. Hal yang memiliki pengaruh paling besar tidak lain adalah kepintaran dan kecerdasan beserta keahlian pelakukan dalam memposisikan diri, baik itu di posisi beli atau buy maupun posisi jual atau sell dan pastinya juga adalah money management

Di Indonesia sendiri, sebenarnya sudah ada bursa efek yang dapat dijadikan sarana untuk berbisnis atau trading saham. Namun apabila ingin meraih kesuksesan secara lebih maksimal, maka pilihan terbaiknya adalah menjalankan trading di bursa terbesar seluruh dunia yaitu Bursa Amerika. Meski merupakan bursa saham dengan nilai transaksi yang sangat besar, tetapi sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas, pemain atau tradernya tetap bisa bergabung dengan modal terbatas.

Mungkin ada yang bertanya, kenaapa harus memilih ikut trading saham di bursa Amerika. Jawaban yang paling tepat adalah karena bursa Amerika memiliki tingkat likuiditas sangat tinggi. Selain itu apabila telah mengerti dan memahami teknik-teknik bermain dan trading saham luar negeri secara aman, tentu akan menjadi lebih mudah mencari profit dan laba besar.

Pengertian Trading Options Selling - Trading saham luar negeri dengan modal kecil

Sebelum belajar cara trading saham luar negeri modal kecil, ada baiknya mengenal lebih dulu arti sebenarnya dari options. Secara sederhana options dapat diartikan sebagai suatu kontrak pemberian hak dan bukan sebaga kewajiban untuk membeli dan menjual suatu aset. Adapun aset tersebut, antara lain berupa saham, komoditi dan valuta asing.

Pemberian hak membeli atau menjual aset tersebut harus diputuskan pada harga tertentu dan dalam rentang waktu tertentu pula. Sehingga options tersebut dapat memberi kemungkinan pada investor atau pemilik modal untuk meraih profit. Sumber profit ini sendiri adalah arah gerakan saham dan options lainnya saat diperdagangkan di lantai bursa baik kenaikan ataupun penurunan. ( Baca : Mengenal put dan call options, profit konsisten di bursa saham amerika dengan options selling)

Jadi kesimpulannya, trading saham bisa memberi keuntungan meski harganya sedang mengalami penurunan atau sebaliknya kenaikan. Selama sang trader dapat mengambil posisi secara tepat maka bisa mendapat profit terus dan hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan dari trading saham dan options di bursa Amerika.

Put Option Dan Call Option

Dalam setiap perdagangan saham dan options online, hanya terdapat dua macam transaksi saja yaitu put option dan call option. Maksud dari call option adalah sebuah keadaan dimana seorang investor atau trader membuat keputusan untuk membeli saham yang menurut perkiraan harganya suatu saat ini bisa mengalami kenaikan.

Sedangkan put option adalah kebalikan dari call option, yaitu trader memutuskan menjual saham dengan alasan adanya perkiraan bahwa harganya akan menurun. Sehubungan dengan kedua jenis pilihan ini, trader yang memutuskan mengambil posisi put option atau beli sering disebut sebagai option buyer dan yang memilih posisi call option atau jual dinamakan options buyer.

Bid Dan Ask

Dari put option dan call option, lanjut pada pemahaman berikutnya yaitu bid dan ask, Kedua istilah ini tidak dapat dilepaskan dari kegiatan trading saham dan memiliki hubungan erat dengan urusan posisi jual atau posisi beli.

Bid adalah suatu harga dimana seorang buyer atau trader bersedia mengeliarkan modalnya untuk membeli sebuah options. Sedangkan dari sisi seller bid dikatakan sebagai suatu harga dimana seller bersedia melakukan penjualan options miliknya di lantai bursa. Seller ini bisa mendapatkan profit dari selisih kenaikan harga dan sering disebut dengan istilah spread.

Selanjutnya untuk ask, adalah suatu harga dimana seorang seller bersedia mendapatkan hasil dari penjualan dan investor yang bertindak sebagai buyer menyetujui melakukan pembayaran. Adapun keuntungan yang didapat dari buyer berupa selisih harga dan spread dari penjualan kembali options yang sebelumnya sudah dimiliki.

Perbedaan utama dari options selling dan options buyer terletak pada cara untuk mendapatkan laba atau profit. Seorang trader yang bertindak sebagai option buyer harus bisa melakukan analisa chart dimana chart tersebut harus selalu bergerak dalam arah yang sama dengan posisi perdagangan saat dibuka. ( baca : keuntungan menjadi options seller)

Apabila chart tersebut hanya diam saja atau justru bergerak dengan arah yang berlawanan, posisi dari trader atau option buyer ini akan menanggung kerugian. Sehubungan dengan hal ini, maka dia bisa menggunakan posisi ask untuk membayar harga dan trader lain yang bertindak sebagai options seller bersedia untuk menerima hasil dari penjualan.

Kemudian bagi options seller, tidak memerlukan gerakan chart untuk mendapatkan profit. Apapun arah gerakan chart tersebut baik dalam posisi diam, naik atau sebaliknya turun tetap akan mendapat profit

Jika dapat bersabar diri dan menggunakan dananya untuk investasi jangka panjang dan jangka pendek juga dikarenakan Options Selling dapat digunakan untuk trading harian (jangka pendek dalam hitungan hari- open posisi dan close posisi dalam hari yang sama)

Strategi Selling Put Options

Ada sebuah strategi jitu yang bisa diterapkan saat melakukan trading saham luar negeri modal kecil di Jakarta maupun daerah lainnya di Indonesia dan dunia. Strategi tersebut dinamakan selling put. Langkah ini dapat dilakukan dengan cara memakai posisi options put yang biasanya dipakai saat melakukan penawaran terhadap harga suatu saham.

Tujuan terpenting dari penerapan strategi ini adalah agar dapat membeli dan mendapatkan saham secara lebih murah. Sebagai seorang trader atau investor, setiap orang pasti ingin memperoleh laba dan profit sebesar mungkin saat menjalankan kegiatan trading sama online apalagi jika modal yang dimilikinya hanya kecil saja. Namun meski modalnya kecil, profit yang didapat tetap bisa tinggi.

Sebagai contohnya, saham milik perusahaan Apple adalah USD 190 per lembar. Kemudian trader langsung menjalankan aksi selling put pada posisi USD 185. Kemudian apabila harga saham Apple tersebut mengalami penurunan hingga menyentuh angka USD 185, berarti trader tersebut berhasil mendapat harga saham yang lebih murah. Apabila harga ini tidak pernah bisa menyentuh di harga USD 185 sesuai rentang waktu yang ditentukan, maka si trader akan mendapatkan profit yang nilainya bervariasi (tergantung strike dan besaran nilai saham), akan tetapi yang pasti tetap mendapatkan profit saat tawaran saham tidak kena

Selama ini, strategi selling put ini sejak tahun 1993 ditradingkan oleh Mr Buffet saat beliau menawar saham coca cola yang akhirnya tidak mendapatkan saham yang ditawar , akan tetapi tetap mendapatkan profit karena tidak berhasil menawar saham; dimana lagi jika kita menawar saham dan tidak mendapatkan saham yang kita minati, kita tetap mendapatkan profit

Selain itu yang tidak kalah penting, tujuan dari penerapan strategi selling put tidak hanya sekedar untuk mendapatkan harga suatu saham secara lebih murah saja. Hal lain yang juga selalu menjadi harapan investor adalah, nilai profit yang didapat menjadi lebih besar dan bisa terus berjalan secara kontinyu. Melalui penerapan strategi tersebut, nilai laba maksimal yang biasanya berhasil didapat sama dengan nilai bid atau harga penaearan dalam persetujuan tanpa potongan bunga.

Antara Selling Put Options dan Buying Put Options

Strategi berikutnya adalah Buying Put Options atau option buyer namun lebih populer dengan sebutan buy put. Sebagaimana yang telah diulas pada artikel ini, put option adalah suatu transaksi trading pada posisi jual atas asset trading yang sebelumnya dikuasai oleh pihak pemegang atau pemilik kontrak opsi.

Melalui penerapan strategi buy put atau put option, setiap trader bisa terhindar dari resiko kerugian besar. Bahkan meski harganya mengalami penurunan hingga USD 0 sekalipun, resiko kerugiannya tidak akan begitu besar dan dapat diminimalkan. Kondisinya dapat disamakan dengan sistem kerja pada perusahaan asuransi kesehatan. Misalnya saat mengalami sakit kemudian oleh dokter diharuskan untuk menjalani operasi. Meski biaya operasinya sangat mahal, tetapi pasien akan mendapatkan bantuan pembayaran tersebut dari pihak perusahaan asuransi. Kadangkala bantuan pembayarannya memang tidak penuh, akan tetapi setidaknya hal ini akan meringankan beban pasien.

Demikian pula dengan kondisi seorang trader yang seharusnya menanggung kerugian besar akibat penurunan harga option yang telah terlanjur dibeli. Namun karena sudah menerapkan strategi buying put option secara tepat, maka resiko kerugian tersebut menjadi jauh lebih kecil.

Sangat berbeda dibanding dengan strategi selling put yang sudah dibahas di bagian atas artikel ini; selling put options mempunyai tujuan utama mencari profit sebagai penghasilan. Dalam transaksinya, trader bisa memilih posisi membeli atau buy put, lalu membayar premi pada broker maupun pihak lainnya. Dalam hal ini premi dapat dimaknai sebagai pembayaran jaminan asuransi. Tetapi ketika tidak terjadi penurunan harga saham alias kerugian, premi tersebut tidak akan dikembalikan. Jadi trader tetap kehilangan dana untuk membayar asuransi.

Hanya saja dibalik itu semua, tetap harus selalu disadari bahwa kondisi pasar di masa-masa yang akan datang memang tidak bisa diketahui secara pasti meski sudah ada prediksinya. Karena itulah tidak terlalu mengherankan jika ada sebagian trader atau investor yang bersedia membayar premi untuk mengurangi resiko kerugian.

Sementara itu terkait dengan keberadaan fund manager, tanggungjawab pertama yang sebenarnya harus dilakukan adalah meminimalkan resiko kerugian. Setelah langkah ini berhasil dijalani, dapat melangkah ke tugas berikutnya yaitu mencari profit dan keuntungan.

Saat membayar premi dan ternyata analisanya benar, maka profit maksimal yang akan didapatkan oleh trader sehingga strategi buying put options ini sangat diminati oleh trader terutama yang trading dengan dana dalam jumlah luar biasa besar; profit tetap unlimited akan tetapi loss bisa dibatasi bahkan jika harga saham/ index turun ke USD $0 sekalipun.

Selanjutnya apabila posisi gerakan harga saham hanya stabil saja alias tidak bergerak, maka teknik perhitungannya sama persis dengan nilai kerugian maksimal. Menurut bahasa di kegiatan trading saham online, kondisi ini sering disebut dengan nama break event point.

Mengenal Perbedaan Antara Stock Option Dan Binary Options

Memang tidak mudah mengenal secara detail perbedaan antara stock options dan binary options, sehingga banyak trader yang merasa bingung terhadap kedua istilah tersebut. Apalagi untuk para trader yang masih pemula dan baru pertama kali terjun di dunia trading saham secara online.

Sehubungan dengan hal ini harus kembali dijelaskan bahwa options merupakan satu produk dalam bentuk non fisik dan dapat diperjual belikan di suatu pasar yang dinamakan sebagai bursa. Produk yang dimaksud antara lain adalah index, saham, nilai mata uang atau valas hingga komuditi. Selain itu masih ada reksadana yang di Amerika sering disebut sebagai ETF.

Options mempunyai legalitas sendiri dan masuk di Bursa Options dinamakan Bursa CBOE Chicago Board Options Exchange (CBOE) atau “Bursa Perdagangan Opsi Chicago” , merupakan salah satu bursa perdagangan Options di Amerika yang terbesar didunia dengan total nilai transaksi tahunannya mencapai 450 juta kontrak opsi, yang melibatkan lebih dari 1200 perusahaan, 50 indeks saham, dan 50 exchange-traded fund (ETF), bursa ini didirikan di tahun 1973 sehingga Options merupakan sebuah instrument derivative yang sangat LEGAL terutama di Bursa Saham Amerika.

Contoh Sederhana

Kemudian agar lebih mudah memahami maksud dari stock options maupun binary options, maka harus diambil sebuah contoh lebih dulu. Misalnya ada orang yang mempunyai keinginan membeli rumah dengan harga senilai USD 100 juta. Namun karena rumah yang ingin dibeli tersebut belum dibangun, maka orang tersebut hanya membayar sebesar USD 1 juta saja sebagai tanda jadi.

Melalui pembayaran senilai USD 1 juta tersebut, maka orang yang punya niat membeli secara sah sudah memiliki rumah yang ingin dibeli meski nilai rumah itu sendiri belum mencapai nilai USD 100 juta. Namun pada sisi yang lain, pihak yang membangun rumah tersebut juga tidak lagi  mempunyai hak untuk menjualnya pada orang lain.

Kemudian pada suatu saat, ada perencanaan pembangunan infrastruktur di sekiar area rumah. Hal ini membuat harga rumah mengalami kenaikan misalnya mencapai USD 150 juta dan uang tanda jadi pembeliannya juga ikut naik menjadi USD 1,5 juta.

Setelah itu, orang yang sebelumnya berniat membeli rumah ingin menjual hak kepemilikan rumah itu pada pembeli lain senilai USD 2 juta. Dalam kondisi seperti ini, orang tersebut akan mendapat keuntungan atau laba senilai USD 0,5 juta. Karena modal pertamanya adalah USD 1 juta kemudian dijual lagi dengan harga USD 1,5 juta dan selisihnya merupakan profit.

Selang beberapa waktu kemudian, orang yang membeli rumah berhasil melunasi pembayaran dan secara otomatis dia menjadi pemilik sepenuhnya dari rumah itu. Tetapi dengan alasan lain misalnya belum tertarik untuk menempatinya, kemudian rumah ini disewakan pada orang lain selama satu tahun.

Kondisi dan keputusan yang telah dilakukan sebagaimana yang disebutkan di atas juga bisa terjadi dan dijalankan dalam duna trading saham online, terutama options selling. Sebagai trader, investor memiliki hak untuk membeli suatu atau beberapa saham sekaligus yang kemudian dijual kembali atau disewakan pada trader lain. Setelah itu akan mendapat return atau pengembalian biaya mulai dari hitungan harian atau bulanan hingga tahunan.

Kemudian apabila nilai profit yang didapat dirasa sudah mencukupi, kontrak bisa diputuskan tanpa adanya resiko pinalty sebagaimana yang dilakukan seseorang ketika menyewakan rumah miliknya sendiri. Strategi semacam ini merupakan sebuah tindakan yang sah dan legal di bursa saham atau options di Amerika.

Kelebihan dari penerapan strategi ini antara lain adalah, harta atau aset saham yang sudah dimiliki menjadi lebih aman. Terutama saat pergerakan harga dalam pasar mengalami perubahan arah yang berlawanan. Sehingga trader dapat membalikan posisinya dari loss atau rugi menjadi break event point bahkan bisa memperoleh profit dan hal inilah yang dinamakan stock options.- Baca: Apa itu options

Sedangkan binary options adalah suatu kegiatan trading saham atau options lainnya dan dilakukan dengan cara memanfaatkan ketersediaan waktu dan lebih bersifat tebak-tebakan saja. Contohnya, seorang trader telah melihat chart dan merasa bahwa arahnya bisa naik dalam jangka waktu sekitar 5 menit kedepan. Setelah itu dia mengambil posisi naik.

Apabila ternyata harganya memang benar-benar naik, trader tersebut akan mendapat profit 90%. Namun sebaliknya ketika harganya turun, maka investasi yang ditanamkan akan hilang semuanya. Penerapan waku ini tidak hanya berlangsung selama 5 menit saja, tetapi ada yang mengambil satu hari atau 2 bahkan hingga 30 hari dan strategi ini tidak disarankan apalagi sifatnya tidak resmi.  ( Baca : Perbedaan Options dan binary options

Demikian penjelasan mengenai trading saham luar negeri modal kecil 

Materi diatas akan dibahas pada acara di bawah ini:

Exclusive Seminar Options Selling

Topic:

“Cara Smart Trading Saham dan Options di Bursa Saham Amerika”

Venue : Jakarta