Cara Menawar Saham dan mendapatkan Profit

Tawar saham dan dapatkan profitnya, hal ini sangat bisa dilakukan oleh setiap trader saham terutama di Bursa Amerika akan tetapi mungkin banyak dari kita yang berpikir ngapain juga trading di bursa Amerika, yang mungkin kepikir adalah susah buka account atau malah duit hilang tanpa bisa kita temukan lagi.  Hal hal seperti itu sangatlah jamak karena emang seperti itulah pemikiran trader yang emang belum pernah trading di bursa Amerika; padahal setelah tahu dan merasa nyaman, disuruh buka account di securitas lokal langsung gak mau. Saya tidak mau bahas hal ini panjang lebar, silahkan langsung baca di 5 langkah belajar trading saham di bursa amerika.

Pada prinsipnya trading di bursa Amerika merupakan  bursa yang mempunyai likuiditas tinggi dan bagi seorang trader dapat trading dengan mendapatkan banyak fasilitas trading apalagi bisa digabungkan dengan options selling dimana kerugian kita bisa dilock atau bahkan kita bisa menyewakan saham. Nah artikel ini akan membahas satu hal yaitu bagaimana cara mendapatkan profit saat sedang menawar saham. Tawar saham dan dapatkan profitnya. Mungkinkah?

Apa itu Options?

Sebelum membahas lebih jauh, saya harus memastikan bawa anda semua mengerti dan paham apa itu Options dan yang terpenting adalah Options itu dibagi dalam 2 kategori yaitu Options Buyer dan Options Seller (dikenal juga Options Selling)

Seperti yang sudah banyak diketahui, dalam trading option sendiri hanya ada transaksi put option dan call option. Call option merupakan kondisi dimana trader membeli suatu asset trading yang diperkirakan bisa naik hingga waktu penutupan yang telah ditentukan. Sedangkan untuk put option merupakan kondisi trader yang menjual asset trading yang telah dipilihnya. (menggunakan logika seorang options buyer)

Options Selling mengenal fungsi dari BID dari kategori BID dan ASK sebuah harga. Pernah ke counter money changer? ASK dan BID biasa dikenal juga dengan istilah Kurs Jual dan Kurs Beli ( Pada mata uang).  Apa saja definisi dari BID dan ASK?

Bid = harga dimana Buyer bersedia membayar dan juga sering disebut adalah harga dimana seller bersedia menjual dan mendapatkan profit setelah dikurangi spread yang ada

Ask = Harga dimana Seller bersedia menerima hasil penjualan dan buyer bersedia membayar

Yang membedakan Options Selling dengan Options Buyer adalah untuk mendapatkan profit seorang trader Options Buyer harus menganalisa chart dan chart tersebut harus bergerak searah dengan posisi trading yang sudah dibuka; jika chart tersebut diam atau malah bergerak berlawanan maka posisi options buyer akan rugi maximal. Dalam hal ini, Options Buyer memakai Fungsi ASK dimana Options Buyer bersedia membayar dan Options Seller bersedia menerima imbal hasil penjualan.

Adapun Options Seller sebaliknya dengan Options buyer. Seorang Options Seller tidak membutuhkan pergerakan chart untuk bisa profit, buat options seller, chart diam, turun atau naik, tetap dapat mendatangkan profit maximal sehingga dapat dan sangat layak digunakan untuk bagi trader yang mau profit konsisten dalam jangka panjang. Jika trader hanya mau profit gede dalam jangka pendek dan deposit terus; Options Selling tidak cocok buat anda.

banner trading addict

Selling Put Options

Selling Put, dari namanya sudah jelas bahwa ini strategi Selling menggunakan Options Put yang sangat umum digunakan untuk menawar saham

Source : http://www,wyattresearch.cpm/article/warren-buffett-approach-to-selling-puts/

Artikel ini diambil di salah satu artikel mengenai Selling Put. Di artikel sudah jelas tertulis bahwa tidak ada keraguan lagi bahwa Buffet melakukan selling put options untuk membeli saham di harga yang lebih murah, sebagai seorang investor dunia, dia juga mengerti benefits dari selling put untuk mendapatkan premium / profit

Dicontohkan dalam artikel diatas adalah harga per lembar saham Coca Cola ( KO) saat itu adalah $39 dan buffet melakukan selling put di $35 dimana jika harga saham KO JIKA turun ke $35, Buffet akan membeli saham KO di harga $35, yang berarti lebih murah dari $39 saat awalnya dan Buffet juga mendapatkan profit dari selling Put options jika selama waktu yang ditentukan harga KO tidak pernah menyentuh harga $35

Selling put untuk mendapatkan income dalam trading option selling memang banyak dilakukan. Hal ini sangat lah umum dilakukan bahkan seorang investor dunia juga melakuakan selling put options. trading options. Keuntungan besar yang dihasilkannya tidak sedikit maka banyak trader options selling yang menjadikan strategi selling put options sebagai langkah tawar saham dan dapatkan profitnya  sebagai langkah untuk menambah profit income

Kami juga sering melakukan selling put options bukan dengan tujuan mendapatkan saham nya diharga murah akan tetapi lebih kepada mendapatkan profit yang luar biasa stabil. Sebagai contoh diatas, jika saya melakukan selling put options di harga $35, dan selama 1 bulan harga KO tidak pernah sentuk $35, maka saya berhak mendapatkan profit maximal sebesar nilai BID sesuai yang harga kesepakatan diawal tanpa ada bunga.

Put Options Versi Options Buyer

Versi ini sering disebut juga dengan BUY PUT. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, put option merupakan transaksi penjualan terhadap asset trading yang dipegang oleh pemegang kontrak opsi. Umumnya, put option dipilih untuk menghindari kerugian dari seorang trader atas transaksi yang salah analisa.  Dengan menggunakan BUY PUT, seorang trader dapat menghindari kerugian yang sangat besar bahkan sekalipun saham turun sampai $0, maka rugi yang diderita tidak lah maximal. Hanya minimal, seperti konsep asuransi kesehatan. Ketika kita diharuskan operasi, ada asuransi yang membantu membayarkan walaupun mungkin tidak dibayarkan penuh akan tetapi tetap lebih bagus dibandingan tidak ada yang membantu membayarkan.

Berbeda dengan transaksi selling put untuk mendapatkan income. Pada transaksi ini, trader bisa memanfaatkan  posisi / membeli posisi BUY PUT dan membayarkan premi  kepada pihak broker atau pihak ketiga lainnya. Premi disini bisa diartikan sebagai uang asuransi yang mana jika ternyata saham yang dibeli tidak turun, maka premi tidak dapat dikembalikan dan otomatis trader options buyer put akan mengalami kerugian.

Akan tetapi, dikarenakan kita tidak dapat memprediksi masa depan, maka melihat kondisi tersebut, tentu tidak heran jika tidak sedikit trader membayar premi lebih agar kerugian bisa diatasi.  Tujuan utama dari Fund Manager yang benar adalah seperti itu. Manage Resiko dulu setelah aman, baru profit diurusin.

Ketika membayar premi dan analisa ternyata benar maka keuntungan maksimum yang bisa didapat oleh seorang trader sama dengan biaya premi yang dibayarkan. Untuk kerugian maksimum yang bisa juga terjadi dapat dihitung dengan pengurangan harga saham atau strike price dan premi put yang diterima oleh trader. Dan ketika posisi pergerakan nilai saham tidak bergerak, atau dalam bahasa trading dikenal dengan break event point maka perhitungannya sama dengan kerugian maksimum.

Tertarik untuk mendengarkan dan belajar apa itu Options Selling ?

Demikianlah pembahasan mengenai cara tawar saham dan dapatkan profitnya menggunakan selling put options selling untuk mendapatkan income yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat!

Materi diatas akan dibahas pada acara di bawah ini:

Exclusive Seminar Options Selling

Topic:

“Cara Smart Trading Saham dan Options di Bursa Saham Amerika”

Venue : Jakarta