Artikel ini akan menjelaskan untuk mengenal apa itu put&call options dalam arti Options yang sesungguhnya, seperti yang ditradingkan di Bursa amerika dan bukan mengenai binary options. Bagi trader yang mencari mengenai binary options; artinya anda tidak akan menemukan di website ini. (Baca: Perbedaan Options dan Binary Options)

Mengenal Apa Itu Put dan Call Options?

Sebelum lebih jauh mengenal apa itu put options, maka kami mencoba mendefinisikan apa itu Options dan kenapa ada 2 (dua) macam options yaitu Options Buyer dan Options Selling. Sebelum jauh ke sini, ada baiknya membaca dahulu dan mencoba memahami pengerti options secara umum dan khusus,

Options secara umum adalah suatu product derivatif dari saham yang ditradingkan di bursa saham Amerika (NYSE) yang mempunyai masa waktu kadaluarsa dan ditradingkan dengan menggunakan nilai options sendiri dengan dasar adalah nilai dari saham. Secara khusus adalah options adalah suatu kontrak yang bukan kewajiban untuk membeli saham yang menjadi underlying di dalam masa sebelum masa kadaluarsa berakhir.  Options yang mempunyai hak untuk membeli disebut Options Call dan mempunyai hak untuk menjual disebut Options Put.

Mengenal apa itu Options Call dan Options Put

Mengenai pengertian Options Call

Options Call bisa juga dianggap sebagai deposit untuk tujuan masa depan. Misalnya, pengembang lahan atau sering disebut juga sebagai developer mungkin menginginkan hak untuk membeli lahan kosong di masa depan, tetapi hanya akan ingin menggunakan hak itu jika undang-undang memperbolehkan tanah tersebut dibangun perumahan diberlakukan. Pengembang dapat membeli Options Call dari pemilik tanah untuk membeli banyak, katakanlah $250.000  dengan perjanjian si pemilik tanah tidak boleh menjual kepada pihak ketiga dalam 3 tahun ke depan.

Tentu saja, pemilik tanah tidak akan memberikan hak  seperti itu secara gratis, pengembang perlu menyumbangkan pembayaran uang muka untuk mengunci hak itu. Sehubungan dengan Options,  biaya ini dikenal sebagai premium, dan merupakan harga kontrak nilai Options. Dalam contoh ini, premi mungkin $6.000 bahwa pengembang bersedia membayar pemilik tanah.

Dua tahun telah berlalu, dan sekarang undang undang telah disetujui; pengembang menggunakan pilihannya dan membeli tanah seharga $250.000 – meskipun nilai pasar dari tanah tersebut telah berlipat ganda.

Dalam skenario kedua yang ternyata  undang undang tidak disetujui sampai tahun ke 4, artinya  satu tahun setelah berakhirnya perjanjian ini, sehingga pengembang harus membayar tanah sesuai dengan harga pasar yang berlaku dan kehilangan nilai premi yang telah dibayarkan sehingga dalam hal ini  si pemilik tanah menyimpan $ 6.000.

Dalam kasus diatas pihak pengembang tanah atau developer kita sebut adalah Options Buyer dan si pemilik tanah adalah Options Selling ( sering disebut Options Seller)

 
Mengenal Pengertian Options Put

Options Put bisa diartikan di sisi lain, mungkin dianggap sebagai asuransi seperti yang sering dibeli adalah asuransi jiwa / kesehatan atau bahkan asuransi kendaraan . Pengembang lahan kami memiliki portofolio besar saham blue chip dan khawatir akan ada resesi dalam dua tahun ke depan. Dia ingin memastikan bahwa jika sampai terjadi pasar turun,  portofolionya tidak akan kehilangan lebih dari 10% nilainya.

Jika S&P 500 saat ini diperdagangkan pada 2500, ia dapat membeli Options Put untuk  memberinya hak untuk menjual indeks di 2250 pada harga strike mana pun dalam dua tahun ke depan. Jika dalam waktu enam bulan pasar mengalami penurunan sebesar 20%, 500 poin dalam portofolionya, ia telah membuat 250 poin dengan mampu menjual indeks pada 2500 ketika diperdagangkan di nilai  2000 – kerugian gabungan hanya 10%. Bahkan, bahkan jika harga strike/ saham di pasar saham turun ke nol, ia akan tetap hanya kehilangan 10% karena put option-nya. Sekali lagi, dengan melakukan BUY Options Put, trader diwajibkan membayar nilai  (premium) dan jika pasar tidak turun selama periode itu, premi  yang dibayarkan akan hilang.

Dalam hal ini,  pengembang lahan adalah Options Buyer dan yang menyediakan polis asuransi adalah Options Seller (Dikenal juga Options Selling)

Memahami Lebih Jauh Buying dan Selling Options

Memiliki Options Call  (Buy Call) adalah memberi Anda posisi Buyer atau sering disebut sebagai  LONG di pasar saham, dan oleh karena itu Seller dari Options Call (Sell Call) sering disebut sebagai SHORT.
Memiliki / mempunyai Put Option (Buy Put) akan memberi Anda posisi SHORT di pasar, dan Seller yang menjual put (Sell Put) adalah memiliki posisi LONG. Pengertian ini akan membuat anda lebih memahami dan mengenal apa itu put options.

Keempat hal seperti yang diuraikan diatas adalah sangat penting karena semuanya berkaitan erat dan anda perlu memahami dimana posisi anda berada, yaitu Buy Call, Buy Put, Sell Call dan Sell Put atau malah anda ada disemua posisi seperti open posisi IronCondor (akan dijelaskan dalam artikel terpisah)

Orang yang membeli Options sering  disebut Buyers  dan mereka yang menjual Options disebut Writers / Seller Options  dan inilah perbedaan penting antara Options Buyer dan Options Seller:

  • Options Buyer Call dan Options Buyer Put tidak berkewajiban untuk membeli atau menjual. Mereka memiliki pilihan untuk menggunakan hak mereka jika mereka mau sehingga hal ini membatasi risiko dari Options Buyer sehingga sebagian besar kerugian yang pernah mereka dapatkan adalah premi dari opsi mereka.
  • Options Seller call dan Options Seller Put, bagaimanapun, berkewajiban untuk membeli atau menjual. Ini berarti bahwa Options Seller mungkin perlu untuk menjaga posisi mereka di area level harga yang sangat aman dengan memanfaatkan probability Up To 95% Winning Trade.

Jangan khawatir jika ini tampak membingungkan, biasanya kita melihat Options hanya dari sudut pandang Options Buyer saja, akan tetapi kali ini di dalam artikel ini, anda akan diajak untuk melihat dari dua sudut pandang yaitu Options Buyer dan Options Seller

Options Terminology 

Untuk lebih memahami dan mengenal apa itu Options Call dan Put, Anda juga harus terlebih dahulu mengetahui terminologi yang terkait dengan pasar Options

Harga di mana saham yang mendasarinya dapat dibeli atau dijual disebut harga strike.

Ini adalah harga dimana harga saham harus naik (untuk Options Buyer Call) atau harus turun jauh ke bawah (Options Buyer Put) sehingga posisi yang dibuka dapat mendapatkan keuntungan. Semua ini harus terjadi sebelum masa kadaluarsa, dikenal dengan nama DTE ( Days To Expirations) atau masa Expiration Date.

Pengertian Tanggal / masa kedaluarsa, atau kadaluarsa Options adalah tanggal pasti saat kontrak berakhir.

Contoh keuntungan yang didapat oleh Options Buyer Call adalah jika  harga strike S&P 500 adalah 2250 dan terus naik bahkan hingga 2500, maka Options Buyer Call akan mendapatkan keuntungan, begitu pula sebaliknya jika harga S&P500 terus menurun, maka Options Buyer Put akan mendapatkan keuntungan,  Kerugian akan didapat  Options Buyer Call jika harga strike turun terus menerus dan Options Buyer Put akan mendapatkan kerugian jika harga strike terus menerus naik.

Options diperdagangkan di Bursa Options  nasional seperti Chicago Board Options Exchange (CBOE) dikenal sebagai Options yang terdaftar dan memiliki harga strike dan tanggal kadaluwarsa tetap. Setiap Option yang terdaftar mewakili 100 lembar saham perusahaan (dikenal sebagai kontrak).

Options disebut in-the-money (ITM) jika harga saham di bawah harga strike (Untuk Options Call sedangkan Options Put disebut in-the-money ketika harga saham di atas harga strike.

Options disebut  out-of-the-money adalah jika harga yang mendasari tetap di atas harga strike (untuk Options Call), atau di bawah harga strike (untuk Options Put).

Options disebut At The Money (ATM) adalah jika harga saham berada sangat dekat dengan harga strike baik itu Options Call maupun Options Put

Sebagaimana disebutkan di atas, total harga atau disebut juga nilai Options pada  suatu kontrak Options sering disebut premium. Harga/ nilai Options ini ditentukan oleh faktor-faktor termasuk harga saham, harga strike, waktu yang tersisa hingga ekspirasi (nilai waktu) dan volatilitas. Karena semua faktor ini, menentukan premi suatu opsi rumit dan sebagian besar berada di luar cakupan artikel ini, meskipun kami akan membahasnya secara singkat.

Demikian artikel mengenai mengenal apa itu put dan call options ditulis, Semoga menjadi lebih jelas. Terima kasih


Materi diatas adalah materi yang akan diajarkan dalam Workshop Options Selling yang akan diadakan di Jakarta dan Surabaya ( 1 tahun 2X Workshop). Materi dalam artikel ini hanyalah bagian dari Options dan hanya bagian “kulit” dari materi inti yang akan diajarkan.

Konsep Options Selling adalah bagaimana trading dengan menetapkan sebuah harga / angka mustahil dimana chart/ harga saham tidak pernah mencapai. Dengan kata lain, jika menggunakan illustrasi diatas, Options Selling adalah si pemilik tanah yang berharap undang undang tanah tidak pernah disetujui sehingga premi $6000 dari pengembang lahan akan menjadi milik si pemilik tanah,

Sama halnya dengan di harga saham, jika kami melakukan SELL CALL OIL di  harga  $100 per Barrel dan SELL CALL GOLD di harga $1500, apakah itu berarti angka tersebut mustahil dicapai selama masa kadaluarsa? Artinya kami siap profit terus selama masa kadaluarsa dan panen profit saat masa kadaluarsa habis (dikenal istilah Expired Worthless)

Pertanyaannya, berapa lama masa kadaluarsa yang diperlukan sehingga Options Seller akan terus dapat profit maximal? 



Materi diatas akan dibahas pada acara di bawah ini:

Exclusive Seminar Options Selling

Topic:

“Cara Smart Trading Saham dan Options di Bursa Saham Amerika”

Venue : Jakarta

.