Keuntungan Trading Stock Options

Apa saja keuntungan trading stock options dan kenapa banyak orang yang bersedia mempelajarinya ?

Di daerah Chicago, USA banyak orang tahu apa itu options karena chicago adalah tempat Bursa Options terbesar berada, dan banyak orang yang bekerja di salah satu bursa atau setidaknya mengenal seseorang yang bekerja di Bursa Saham Options dan ataupun malah mengenal trader baik options buyer maupun options seller. Namun, lebih banyak orang mungkin tidak terbiasa dengan options dan begitulah yang terjadi bahwa ketika seseorang bertanya tentang pekerjaan saya, diskusi selalu terjadi mengarah ke arah pengertian Options dan saya merasa harus memberitahu mereka, secara singkat mengenai apa itu Options.

Setelah uraian singkat, saya dan mereka pun terdiam, dan kata-kata yang sering muncul adalah kurang lebih seperti ini “Yah, itu terdengar terlalu rumit bagi saya.” Pada saat itu, saya biasanya ragu untuk melangkah lebih jauh, karena saya tidak ingin membuat mereka mendengarkan lebih lauh mengenai keuntungan trading stock options, tapi kali ini  yang saya katakan, dan kadang-kadang keluar langsung dan berkata adalah options tidak serumit yang dibayangkan. Tentu, ada istilah untuk belajar. Tapi saya suka memberikan logika seperti halnya kita belajar menyetir mobil di Jakarta dengan manual. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya orang yang mau belajar mobil, harus menyetir di jalanan kota jakarta yang penuh dengan mobil, motor, bus, bajaj yang terkadang lampu merah pun diterobos sehingga kita yang berjalan di jalur yang benar harus rem mendadak dengan resiko ditabrak dari belakang

Seperti layaknya anda pertama kali duduk di kursi sopir mobil, Anda melihat semua panel mobil dan ada 3 pedal yang harus diinjak yaitu gas, rem dan kopling dimana kita harus menyeimbangkan gas dan kopling supaya mobil berjalan normal dan pastinya harus melihat ke depan untuk menjaga jangan sampai kita menabrak sesuatu. Harus diakui, beberapa latihan diperlukan untuk menjadi driver yang baik. 

Options memiliki sejumlah strategi yang mana kita sebagai trader bisa menggunakan semuanya, bisa juga tidak. Pada dasarnya kami hanya memakai 1-2 jenis strategi saja dari banyaknya strategi yang ada.  Siapa pun dengan kecerdasan rata-rata dapat mempelajari semua tentang options dalam awaktu singkat. Selain itu, mudah untuk membuat account dan memulai trading options dan ada beberapa broker yang cukup familiar yang bisa kita gunakan di Indonesia . Baca : broker saham options di jakarta, sekuritas saham luar negeri

 

Pengertian Mendasar Tentang Options

Misalkan Anda setuju untuk menjual sesuatu dan anggaplah Anda dan pihak lain telah menyetujui harga dan waktu untuk menyelesaikan penjualan. Dalam kasus seperti itu, Anda memiliki apa yang disebut sebuah kontrak. Namun, jika Anda setuju untuk membiarkan seseorang memiliki hak istimewa untuk membeli sesuatu dari Anda dengan harga yang ditentukan dan untuk waktu yang terbatas, jika dan kapan pihak lain memutuskan untuk melakukannya, Anda telah menjadi penjual options yang sering disebut Options Seller.

Pemegang Options atau dikenal dengan Options Buyer memiliki hak, tetapi bukan kewajiban, untuk membeli sesuatu dengan harga tertentu untuk waktu yang terbatas. Pihak yang menjual Options wajib mengirimkan barang jika Options Buyer memutuskan untuk membeli asset atau dikenal istilah excersice asset .Aset yang akan dikirim disebut asset dasar, atau underlying yang mendasarinya. Harga yang disepakati disebut strike price. 

Sebagai contoh, katakanlah saya memiliki real estate senilai $ 100.000. saya bisa setuju untuk membiarkan seseorang memiliki Options untuk membeli properti dari saya untuk, katakanlah, tepatnya $ 100.000 setiap saat selama dua tahun ke depan. Options ini memiliki strike price $ 100.000, yang mendasarinya adalah properti itu sendiri,dan tanggal kedaluwarsa adalah dua tahun dari hari ini. Sekarang, mengapa saya membuat perjanjian seperti itu? Lagi pula, jika properti peningkatan nilai selama dua tahun ke depan bearti hilang kesempatan untuk menjual properti seharga lebih dari $ 100.000. Selanjutnya, saya terkunci untuk memiliki properti, dan mungkin tidak menjualnya kepada siapa pun selama dua tahun ke depan — karena jika Options Buyer memutuskan untuk melakukan excersice saya diwajibkan untuk menyerahkan properti saya, Jadi mengapa saya harus menempatkan diri saya di dalam posisi terbatas?

Pertama, untuk uang yang saya terima. Options memiliki nilai dan tidak akan diberikan tanpa kompensasi. Saya mungkin perlu menerima, misalnya,$ 15.000 sebagai tanda jadi untuk options  khusus ini. $ 15.000 ini adalah nilai yang wajib diberikan oleh pembeli (options buyer) dan akan menjadi milik saya terlepas dari hasilnya(apakah pembeli/ Options Buyer memutuskan untuk menggunakan Hak exercise dia atau tidak). Harga yang dibayarkan untuk suatu suatu nilai Options biasanya disebut sebagai premium.

Alasan kedua bagi saya untuk melakukan ini adalah bahwa saya mungkin tidak mau, atau tidak bisa untuk menjual properti saat ini. Dalam keadaan seperti itu, saya mungkin dengan senang hati setidaknya menerima $ 15.000 segera, terutama jika saya tidak percaya bahwa real estate saya kemungkinan akan dihargai lebih dari $ 100.000 atau  lebih selama dua tahun berikutnya.

Apa yang terjadi pada akhir periode dua tahun, saat kami mendekati tanggal kedaluwarsa options? Jika ternyata properti itu nilainya kurang dari $100.000 maka saya lebih baik tetap menjual dengan harga $100.000 sesuai perjanjian di awal. Jika real estate dihargai lebih dari $100.000 berarti saya telah salah keputusan, seharusnya tidak menjual options tetapi langsung menjual real estate dua tahun berikutnya, akan tetapi bagaimana saya tahu 2 tahun kemudian harga real estate akan lebih dari $100.000 atau tidak, atau malah tidak bergerak dan yang paling menyedihkan adalah nilai realestate malah semakin turun.

Mengapa seseorang ingin membeli options jadi menjadi Options buyer? Untuk satu hal, leverage. Dalam contoh ini, hanya $ 15.000, pembeli options dapat memiliki kendali atas asset $ 100.000. Tanpa menimbulkan kerumitan kepemilikan, ia memiliki hak untuk memiliki properti kapan saja hanya dengan mengirimkan pemberitahuan excersice senilai $ 100.000 seperti yang disepakati. kemudian options buyer selama dua tahun ke depan, ia mengejar rencananya untuk properti itu. 

Jika Options buyer berhasil selama 2 tahun mengumpulkan $100.000 maka dia akan berhasil mendapatkan real estate yg diidamkan walaupun di awal dia sudah keluar uang $15.000 di awal, akan tetapi jika tidak berhasil maka dia akan kehilangan uang yang hanya $15.000 sehingga dalam hal ini Options Buyer hanya merasakan kerugian yang sedikit untuk dapat memperoleh suatu nilai yang luar biasa

Testimoni Alumni Trading Addict - Join Juli 2018- recorded Feb 2019

Dalam contoh di atas, options ditransaksikan antara dua individu. Harga dan durasi /waktu dibuat berdasarkan kesepakatan antara kedua pihak .Aset yang Options adalah Saham/ Index USA seperti Dow Jones, S&P500 dan Nasdaq dan pilihan asset lainnya seperti Commodity – Jagung- kacang kedelai, live cattle, Gold, Gas, Oil dsb) dan juga pilihan ETF atau reksadana online. Pilihan / instrumen options disesuaikan dengan situasi tertentu, dengan persyaratan yang dinegosiasikan, adalah sering disebut options over-the-counter (OTC) dan ditradingkan di Bursa Saham Amerika under CBOE ( Bursa Saham Options terbesar di Chicago, USA)

Dengan kata lain, Options dan Binary Options adalah hal yang sangat berbeda walaupun terkadang dianggap serupa karena ada nilai waktunya tetapi sangatlah berbeda. Baca perbedaan Options dan Binary Options

Dengan Trading Options yang terdaftar, Anda tidak perlu khawatir tentang legalitas dari pihak lain yang melakukan transaksi. Broker Options yang mempunyai standing legalitas baik seperti, berdiri di tengah setiap perdagangan, menjamin transaksi untuk pembeli dan penjual. Jika Options Buyer menggunakan hak exercisenya, broker akan membantu options buyer mendapatkan hak nya. Seorang Options Buyer tidak pernah tahu, juga tidak peduli, siapa yang menjual options kepadanya. Seorang Options Seller tidak pernah tahu, juga tidak peduli, yang membeli options dari dia. 

Options yang terdaftar memiliki banyak fitur menarik. Untuk satu hal, beberapa strike price biasanya tersedia dengan interval strike price Juga beberapa durasi yang berbeda (tanggal kedaluwarsa) biasanya tersedia, mengikuti satu set pola. Dalam stok, misalnya, satu set options berakhir dalam 30 hari atau kurang, satu set options berakhir dalam sekitar 31 hingga 60 hari, yang lain mengatur berakhir dalam waktu sekitar 3 hingga 6 bulan, dan seterusnya, bahkan beberapa options mempunyai waktu kadaluasa hingga 2 tahun atau lebih.

Setiap options yang terdaftar distandarisasi untuk jumlah yang sama untuk per kontraknya. Options memakai satuan kontrak. Di Amerika Serikat, misalnya, satu kontrak saham  berisi 100 lembar. Dengan membakukan kontrak options, setiap trading yang dilakukan dengan broker manapun selalu mempunyai ketentuan dan aturang yang sama.  

Kebanyakan investor akrab dengan LONG Position atau dalam Options dikenal dengan sebutan BUY CALL , apakah mereka menyadarinya atau tidak ketika Anda memiliki sesuatu, Anda dikatakan memiliki posisi yang sudah lama anda miliki. Kapan anda sudah lama di pasar, itu berarti Anda berharap mendapat untung dari kenaikan pasar. Melakukan posisi SHORT atau Jual berarti menjual sesuatu, tanpa terlebih dahulu memilikinya, untuk mendapat untung dari pasar yang sedang jatuh atau memasuki masa down trend. 

Konsep short akan membingungkan pada awalnya. Bagaimana Anda bisa menjual sesuatu yang bukan milik Anda? Dalam sekuritas, short akan melibatkan atau meminjam surat berharga (biasanya dari broker Anda) untuk dijual. Nanti, untuk tutup posisi, Anda membeli, mengembalikan saham ke broker Anda. Dengan instrumen seperti futures dan options, itu jauh lebih mudah. Anda membuat perjanjian untuk membeli atau menjual — itu saja. Ini adalah kontrak dengan hak dan kewajiban seperti kontrak lainnya. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa dengan masa dengan options, Anda dapat keluar dari kontrak kapan saja dengan melakukan Buy To CLOSE yang membatalkan posisi Anda sebelum kewajiban jatuh tempo dengan membawa profit yang sudah anda dapatkan.

 

Keuntungan Trading Stock Options di Indonesia

Options mempunyai beberapa hal yang sangat unik , yang bisa dibilang ini adalah keuntungan trading stock options dimana hal ini adalah sangat special yang hanya ada di Options khususnya Options Selling.

Keuntungan Trading Stock Options yang pertama

  1.  Options bisa digunakan untuk memproteksi saham yang sedang jatuh. Untuk jelasnya lihat gambar dibawah ini

Gambar diatas menerangkan trader konvesional membeli saham AMZN dan rugi terus menerus jika sahamnya turun terus menerus. Bisa dilihat pada gambar diatas semakin turun sahamnya maka semakin rugi tradernya

Perhatikan bedanya dengan gambar dibawah ini

Gambar diatas adalah saham AMZN yang dibeli bareng dengan Options Buy PUT seperti table diatas sehingga mampu memproteksi nilai saham yang semakin turun. DI gambar diatas sudah jelas dilihat bahwa sekalipun saham Amazone turun terus tetap saja masih rugi terbatas walaupun saham tersebut turun hingga angka $0.

Suatu keuntungan trading stock options yang sangat baik bukan?

         2. Waktu

Waktu ada di pihak Options Seller.  Banyak sekali Options Trader yang trading Options Buyer tidak mengerti hal ini akibatnya sering muncul keluhan kenapa ketika mereka melakukan buyer call dan saham naik tetap saja mereka rugi. Jawabannya adalah TIME atau waktu. Adalah sangat luar biasa bahwa Options mempunyai nilai waktu yang luar biasa mulai dari H-0 ( untuk yang suka day trading) bahkan hingga 2 tahun . Waktu memberikan trader options selling suatu kesempatan untuk bisa memperbaiki kesalahan open posisi yang sudah dibuka

Seorang trader Options seller cukup membuat sebuah posisi di level harga yang mustahil dijangkau chart dalam waktu yang sudah diperhitungkan sebelumnya

 

 

Keuntungan trading stock options yang ketiga adalah trading saham options selling dengan probabilitas tinggi. Saya pernah membahas dalam artikel saya sebelumnya DISINI

Bisa dilihat dari gambar diatas trading Options Selling mempunyai probabiltas untuk winning rate sebesar 92% dimana hal itu sangatlah tinggi dan beda dengan trading konvensional lainnya yang hanya mempunyai probabilitas maximal 50% bahkan dibawah 50% dimana sama dengan waktu kita menebak dalam putaran koin yang keluar Head or Tail. 

Menebak apa yang ada di koin adalah contoh yang sempurna untuk menjelaskan betapa winning probabilitas sangatlah penting. Sebagai seorang trader kita tidak bisa hanya menggantungkan kesempatan kita menang hanya dengan probabilitas kecil / rendah, kita harus punya suatu instrument dimana trading kita bisa bahkan mencapai 95% winning probabilitas sehingga kita selalu dapat terus menerus mendapatkan profit

Diatas sudah dijelaskan tugas dari options seller adalah hanya menempatkan posisi dimana chart tidak mungkin sampai dalam waktu yang sudah ditentukan dan pastinya dengan adanya TIME kita mampu melakukan adjustment posisi salah menjadi lebih baik

Testimoni alumni yang sudah bergabung sejak Feb 2018 - recorded Maret 2019

Keuntungan Trading Stock Options keempat adalah Volatility 

Keuntungan trading stock options lainnya dari options mempunyai tingkat sensitivitasnya terhadap volatilitas. Pilihan pada aset yang lebih tidak stabil, semuanya sama, lebih mahal. Apa maksudnya? Maksudnya adalah ketika saham / index / commodity dalam keadaan tidak stabil maka nilai options menjadi semakin mahal dan tentu saja keuntungan besar buat options seller. Misalnya ketika mau mendekati liburan maka harga tiket pesawat menjadi mahal padahal waktu tempuh sama sehingga dengan menjual lebih mahal tiket pesawat saat high season menyebabkan pihak maspakai atau pihak travel agent mendapatkan keuntungan lebih banyak dari low season

Hal ini pun sama saja dengan options, semakin naik nilai volatility maka semakin mahal pula nilai options dan semakin tinggi pula keuntungan yang bisa kita peroleh dengan menjadi penjual Options (Options Seller)

gambar diatas adalah contoh saat IV tinggi maka nilai options menjadi semakin mahal, oleh karena itu sebagai penjual Options (Options Seller) sangat diharapkan mampu menjual di saat IV tinggi sehingga keuntungan yang didapat juga semakin tinggi

Demikian penjelasan mengenai keuntungan trading stock options. Semoga artikel ini bisa membantu. Terima Kasih

Materi diatas akan dibahas pada acara di bawah ini:

Exclusive Seminar Options Selling

Topic:

“Cara Smart Trading Saham dan Options di Bursa Saham Amerika”

Venue : Jakarta