Kenapa saham turun hari ini?   Artikel ini ditulis untuk mengulas kenapa saham turun pada hari senin malam 25 Juni 2018 pada waktu 20:30 WIB atau 8:30am waktu amerika (Senin pagi waktu amerika)

Saham AS ditutup melemah tajam pada Senin, dengan indeks USA seperti DowJones, S&P500 dan Nasdaq ditutup dengan penurunan satu hari terbesar mereka dalam beberapa minggu dan Dow bearish ditutup di bawah tingkat yang harus diawasi ketat untuk pertama kalinya dalam dua tahun karena ancaman baru dari Presiden Donald Trump terhadap mitra dagang AS yaitu bagaimana risiko kebijakan proteksionis belum meninggalkan pasar.

Kerugian hari ini meluas, dengan 26 dari 30 komponen Dow berakhir lebih rendah, bersama dengan sembilan dari 11 sektor utama S & P 500. Index Technologi menyumbang penurunan  terbesar hari ini, walaupun dulu pernah turun 2,3% dalam penurunan satu hari terbesar sejak awal April

Dow Jones Industrial Average DJIA, -1,33% jatuh 328,09 poin, atau 1,3%, menjadi 24.252.80. Rata-rata saham  blue-chip membukukan penurunan satu hari terbesar sejak 29 Mei, dan itu ditutup pada level terendah sejak 4 Mei.

Indeks Dow juga berakhir di bawah rata-rata pergerakan 200 hari, menggunakan indicator moving average 200 dengan time frame daily.  Sementara Dow telah turun tajam dan berada di bawahnya secara intraday dua kali lainnya pada tahun 2018, kemudian rebound di atasnya dua kali dan hari Senin 25 Juni menandai pertama kalinya  DOW telah ditutup di bawahnya sejak Juni 2016.

Apa yang menyebabkan market saham menjadi panik?

Kembali lagi pada persoalan perang dagang yaitu dimana President USA kembali menegaskan kebijakannya mengenai perang dagang yang kali ini telah menyinggung kawasan Eropa.

President USA telah menerapkan tarif impor 25 persen untuk beberapa product dari Uni Eropa seperti  baja dan sepuluh persen untuk product aluminium di Uni Eropa, Kanada dan Meksiko sehingga hal ini membuat Uni Eropa ikut membalas dan  mulai dari minggu lalu juga telah memberlakukan tarif import baru yaitu  sebesar 25 persen atas produk pertanian dari Amerika Serikat seperti Jus Jeruk dan Beras. Selain itu, tarif import ini juga diberlakukan  untuk berbagai  jenis minuman alkohol seperti Wiski , transportasi seperti sepeda motor Harley Davidson dimana nilainya lebih dari milyaran dollar Amerika sehingga saham motor HD langsung turun akibat pengetatan tarif import oleh Uni Eropa

China juga telah telah siap menghadapi perang dagang ini, dan pada akhir minggu, Trump diperkirakan akan mengumumkan pembatasan investasi Cina di perusahaan teknologi AS serta pada ekspor teknologi ke Beijing. Trump telah mengancam retribusi lebih banyak terhadap impor Cina, jika negara itu mencoba respons tarifnya sendiri.

Pada hari Minggu, People`s Bank of China mengatakan akan mengurangi jumlah cadangan bank yang diperlukan untuk tetap dengan bank sentral, yang akan membebaskan lebih dari $ 100 miliar untuk bank komersial untuk meningkatkan pinjaman dan merestrukturisasi utang.

Tanda-tanda perang dagang yang berkepanjangan membawa beban pada saham pekan lalu, karena investor semakin khawatir bahwa ekonomi global dapat terpukul dari ketegangan tersebut dan mungkin ini adalah jawaban kenapa saham turun hari ini

Ulasan mengenai Options Selling

Bagi yang belum tahu apa itu options , harap baca artikel mengenai Options Selling di website ini. Ada satu keunggulan Options Selling adalah profit dari tidak bergeraknya saham dan adalah untuk melindungi asset/ saham yang dibeli dari jatuhnya saham

Silahkan nonton video dibawah ini untuk mengetahui cara membatasi kerugian saham di bursa amerika