Cara Beli Saham di Bursa Luar Negeri

Bagaimanakah cara beli saham di bursa luar negeri? sebelum kita bahas bagaimana caranya ada baiknya kita bahas dulu bagaimana caranya jika beli saham di Indonesia. Berinvestasi di bidang saham merupakan salah satu pilihan terbaik untuk bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dibanding dari bidang lain. Mudah, praktis, serta hasil yang cukup tinggi bisa Anda peroleh dalam bisnis saham ini. Jual beli saham tidak hanya bisa dilakukan secara offline, tapi juga online. Namun, tanpa ilmu segala sesuatu tentu tidak akan berjalan sesuai yang diinginkan. Oleh karena itu, jika Anda ingin berjual beli saham secara online, minimal ketahui dulu ilmunya. Dalam artikel ini penulis akan sajikan beberapa cara membeli saham secara online.

Adapun perbedaan mendasar antara cara beli saham di bursa luar negeri dan cara beli saham di Indonesia akan dibahas satu persatu di artikel ini. ( Baca : broker saham luar negerisekuritas saham luar negeriapakah  bisa trading for livingkeuntungan sebagai options sellerprofit konsisten di bursa saham amerika dengan Options Selling)

Buka Rekening saham di Indonesia dan bursa Luar Negeri

Buka rekening di sini bukan buka rekening tabungan seperti pada bank-bank konvensional, tapi buka rekening saham. Untuk bisa membuka rekening, Anda harus mendaftar dulu menjadi nasabah sebuah sekuritas (broker atau pialang). Perusahaan sekuritas ini merupakan perantara agar Anda bisa membeli saham di Bursa Efek Indonesia. Jika Anda akan membeli saham secara online, pastikan pialang atau broker Anda mempunyai software trading yang mudah digunakan dan berkualitas bagus. Untuk membuka rekening saham ini Anda tidak perlu membayar biaya apapun alias gratis. Anda cukup mengisi formulir dan melengkapi berbagai dokumen dan data yang diperlukan.

Untuk bisa buka rekening saham di bursa luar negeri, kami sangat menyarankan menggunakan broker Interactive Broker (IBKR) dan Tastyworks dimana keduanya merupakan broker trading yang berdomisi di Amerika (USA) akan tetapi keduanya merupakan broker dengan status LEGAL karena tergabung dengan SIPC, FINRA dan NFA dimana regulator tersebut merupakan regulator yang sangat bagus sekali dan diakui oleh Pemerintah USA, selain itu proses buka rekening, deposit dana dan withdraw dana sangat cepat dan mampu dilakukan dalam hitungan jam saja

Layanan customer service dari kedua broker tersebut cukup bagus, hanya dengan mengirimkan email mengenai kendala yang kita hadapi, dalam waktu singkat akan mendapatkan jawaban email. Jika masalah anda mendesak, bisa langsung melakukan panggilan telepon untuk segera mengatasi masalah mendesak dengan sangat cepat

Lakukan Deposit Dana

Satu atau dua minggu setelah Anda mendaftar sebagai nasabah di broker pilian anda di Indonesia, Anda akan mendapatkan email konfirmasi. Email tersebut berisi informasi username, PIN, password, serta nomor rekening dana investor (RDI).  Setelah memiliki rekening saham, lakukanlah deposit dana ke dalam rekening tersebut dengan sejumlah minimal dana yang sudah ditentukan oleh pihak broker. Rekening ini hanya bisa digunakan untuk membeli saham. Deposit dilakukan dengan mentransfer sejumlah uang melalui ATM, internet banking maupun teller bank konvensional.

Pada prinsipnya cara yang dilakukan untuk membeli saham di bursa luar negeri adalah serupa dengan cara membeli saham di bursa Indonesia, hanya yang membedakan adalah proses pengisian data dapat dilakukan ONLINE di website broker bersangkutan, kemudian upload data yang diminta. Data yang dimintapun sangat sederhana seperti pasport dan SIM, atau bisa juga e-KTP dan bukti alamat, kemudian menunggu proses yang sangat singkat dan kemudian account siap untuk transaksi.

Untuk Deposit dana ada perbedaan sedikit dimana traders hanya bisa melakukan deposit dana dengan transfer dana (By Wire) dengan mendatangi Bank dan melalui teller bank bersangkutan dan jika anda melakukan transfer sebelum jam 11 pagi WIB, maka umumnya jam 17:00 WIB dana tersebut sudah masuk ke rekening Bapak/ Ibu

Lakukan Install Software Online Trading

Setelah melakukan deposit pada rekening saham Anda, instalah software online trading yang sudah disediakan oleh broker tempat Anda membuka rekening saham. Software ini umumnya bisa didapatkan secara gratis dan tidak ditarik biaya pemakaian. Setelah software tersebut Anda instalkan pada smartphone, login-lah dengan menggunakan username dan password yang Anda dapatkan melalui email. Jika login sudah berhasil dilakukan, Anda dapat melihat sejumlah uang yang dideposit.

Broker saham di luar negeri yang kami rekomendasikan juga ada software chart bahkan termasuk cukup lengkap dengan banyak indicator dan kerennya itu semua GRATIS sehingga trader tidak perlu lagi langganan software charting lainnya. Traders juga dapat melakukan open dan close posisi menggunakan apllikasi yang tersedia di smartphone anda sehingga ini memundahkan anda untuk trading di manapun juga (asal ada koneksi internet)

Transaksi Saham dengan Software

Dalam software tersebut Anda bisa melalukan transaksi bail membeli maupun menjual saham.  Masukkan nomor PIN Anda. Tanpa PIN ini, Anda tidak dapat bertransaksi saham, Setelah masukan PIN, pilihlah menu Buy untuk membeli saham. Setiap saham akan diberi kode dengan menggunakan 4 huruf. Misalnya saja PT Aneka Tambang akan diberi kode ANTM. Masukkanlah nominal harga saham yang ingin Anda beli. Misalnya 1 lot (minimal pembelian). Satu lot adalah 100 lembar saham. Setelah Anda yakin untuk pembelian tersebut, tekan tombol Send.

Adapun cara beli saham di bursa luar negeri relatif lebih gampang, walaupun prinsipnya sama saja, Setiap saham punya kode nya masing masing, misalnya saham Microsoft disingkat MSFT,  Saham Facebook disingkat FB, saham Google disingkat GOOG dan masih ada 10.000 saham lainnya di bursa saham luar negeri.  

Yang membedakan adalah setelah trader menemukan saham yang akan ditradingkan, maka input kode sahamnya dan masukan jumlah saham yang mau dibeli. Di Bursa Amerika diperbolehkan membeli saham dalam satuan lembar, jadi jika ada tulisan AAPL 100, itu artinya pembelian 100 lembar AAPL. Jadi jika traders mau membeli 10 lot (1 lot 100 lembar), maka trader memasukan jumlah 1000

Setelah selesai memasukan jumlah lembar yang mau dibeli, ketik harga penawaran anda. Akan selalu ada 2 harga yaitu BID dan ASK, umumnya jika memasukan harga di kolom ASK akan selalu cepat membeli tanpa perlu menunggu lama. Setelah done, maka biasanya broker akan menampikan semacam lembaran persetujuan, dan jika kita klik TRANSMIT maka order akan langsung di kirim ke bursa untuk diproses

Untuk menjual saham, Anda juga bsia menggunakan software ini. Tinggal klik tombol  sell dan masukkan nominal saham yang akan dijual. Jika Anda mendapatkan keuntungan, keuntungan terdebut akan langsung masuk ke dalam saldo Anda.

Summary

Untuk bisa mendapatkan keuntungan dari bermain saham, Anda harus mempelajari strategi dalam berinvestasi saham. Jika Anda tidak memiliki strategi yang tepat, kemungkinan Anda akan merugi dalam bertransaksi saham ini. Untuk mempelajari strategi investasi ini, Anda bisa mencari informasi dalam website www.tradingaddict.id.

Demikianlah informasi tentang cara membeli saham di broker luar negeri secara online, Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin mulai bermain saham.

Materi diatas akan dibahas di Acara di bawah ini

Exclusive Seminar Options Selling

“Profit saat saham naik itu biasa, bagaimana caranya profit saat saham turun / sideway??”

Klik learn More untuk info lebih lanjut