Broker Saham Luar Negeri

Sebelum mulai belajar trading, ada baiknya mengenal broker saham luar negeri yang masih kategori sangat baik dan dijamin oleh pemerintah negera tersebut.  Broker tersebut ada banyak akan tetapi kami hanya menyebutkan beberapa broker yang menurut kami bagus karena kami juga trading di broker tersebut, antara lain yaitu Interactive Brokers dan TastyWorks.

Trader sebaiknya memahami lebih dahulu alasan memakai jasa broker untuk trading dari Amerika tersebut  apakah untuk menjalankan kegiatan trading harian atau melakukan investasi long term, biasanya berkisar 2 – 5 tahun. Trading harian merupakan sebuah aktivitas trading dengan cara membuka atau menutup trading di hari yang sama sebelum kegiatan pasar trading ditutup.

Memilih Jasa Trading atau Broker

Beda dengan swing trader selalu menyimpan posisi trading selama beberapa hari, berminggu-minggu atau berbulan-bulan bahkan ada yang tahunan. Sedangkan pada trading harian, selalu aktif ketika bertransaksi trading. Sehingga trading yang satu ini memiliki syarat serta kriteria yang berbeda dalam pemilihan broker jasa trading.

Faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan oleh para trader harian saat menentukan broker saham luar negeri adalah biaya transaksi dalam setiap trading. Biaya transaksi trading ini lebih populer dengan sebutan komisi.

Semua faktor ini berlaku untuk segala jenis trading baik saham, forex, futures dan komoditas hingga option. Pemahaman tentang faktor tersebut menjadi langkah paling utama yang harus dilakukan oleh siapa saja yang ingin belajar trading  secara lebih serius.

Besaran Komisi atau Biaya Transaksi Trading

Di Amerika Serikat yang jadi pusat perusahaan broker, besarnya biaya transaksi trading dan komisi biasanya dihitung saat posisi trading telah ditutup atau sudah clear. Sistem perhitungannya dilakukan sesuai dengan target laba yang akan didapat setelah terpotong oleh komisi. Sehingga, profit atau laba yang diperoleh harus bisa lebih besar dibanding komisi.

Jadi besarnya komisi harus selalu jadi prioritas utama yang tidak boleh dilupakan oleh setiap trader dan pilihlah perusahaan jasa trading dengan pembayaran komisi paling murah. Saat ini tingkat persaingan antar perusahaan broker makin bertambah ketat.

Persaingan tersebut sering memunculkan dorongan pada setiap pengelola perusahaan broker untuk membuat aturan komisi dengan sistem progresif, sesuai jumlah lot yang ditransaksikan. Makin banyak lot yang ditransaksikan, makin rendah pula komisi yang harus dibayarkan oleh trader kepada broker. Aturan seperti ini pula yang diberlakukan oleh thinkorswim.


Ada satu broker yang bagus dan bahkan tidak membayar komisi, hanya sayangnya masih menerima penduduk Amerika saja, yaitu dikenal nama broker ROBINHOOD

Mutu Platform Trading

Alasan selanjutnya kenapa harus memilih broker saham luar negeri yang bagus adalah berhubungan dengan mutu platform trading. Sebagian besar trader harian lebih suka membuka atau menutup posisi dalam frekuensi tinggi. Sehingga kecepatan dalam eksekusi pesanan pada hitungan detik saja bisa berpengaruh terhadap harga.

Pada ujungnya nanti hal ini akan menentukan besaran profit maupun kerugian atau loss yang sebelumnya sudah diperhitungkan. Terkait dengan hal ini, perusahaan thinkorswim telah siap dengan fasilitas demo bagi para trader ketika ingin menguji mutu platform trading. Terutama dalam urusan eksekusi yang sangat cepat dalam setiap order.

Layanan dan Customer Support

Sebagaimana yang sudah dijelaskan, layanan atau customer support merupakan faktor utama yang tidak boleh disepelekan dalam menentukan perusahaan broker. Apalagi bagi para pelaku trader yang sering mendapat masalah terkait dengan akses internet. Jika gangguan ini muncul, trader dapat menghubungi langsung customer support melalui fitur chat atau telpun.

Perusahaan broker yang profesional pasti selalu menyediakan fasilitas atau fitur chat tersebut dan hal ini sudah dilakukan oleh banyak broker saham luar negeri, Meski akses internet sedang lambat, transaksi trading tetap bisa dilakukan secara cepat sebelum harga mengalami perubahan.

Kondisi Finansial

Interactive Broker ( IBKR) dan Tastyworks merupakan perusahaan penyedia jasa broker trading dengan kondisi keuangan sangat sehat. Kemungkinan adanya masalah finansial sangat kecil, sehingga proses pencairan modal beserta profitnya selalu mudah dilakukan dan tidak perlu proses yang terlalu lama selain itu legalitasnya juga bagus karena tergabung dalam SIPC, FINRA dan NFA

Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa mengenal broker saham luar negeri lebih awal itu jauh lebih menguntungkan dikarenakan kita bisa menghitung/ kalkulasi kira kira berapa komisi yang akan dikeluarkan dan bagaimana unsur yang lain, Tidak ada ruginya menganalisa dahulu broker saham luar negeri yang bagus sebelum memulai bisnis trading saham options selling anda

Materi diatas akan dibahas pada acara di bawah ini:

Exclusive Seminar Options Selling

Topic:

“Cara Smart Trading Saham dan Options di Bursa Saham Amerika”

Venue : Jakarta