Belajar Trading Crude Oil

Belajar trading crude oil atau perdagangan minyak mentah bisa jadi langkah bisnis yang menguntungkan bagi Anda. Minyak mentah termasuk salah satu komoditas terbaik untuk diperdagangkan. Pasar crude oil adalah pasar yang sangat aktif dan sudah dikenal investor di seluruh dunia. Trading minyak mentah menawarkan likuiditas tinggi dan peluang bagus untuk mendapatkan keuntungan di hampir semua kondisi pasar karena pendiriannya yang unik dalam sistem ekonomi dan politik dunia. ( Baca : cara dan tips trading Option, sekolah trading options di surabaya, , private workshop options selling di jakartabagaimana cara trading options yang benar )

Minyak mentah diperdagangkan melalui dua pasar utama, yaitu Western Intermediate (WTI) dan Brent. Keduanya adalah minyak berkualitas tinggi. Ini berarti bahwa begitu keduanya telah diekstraksi dari tanah, mereka dapat disuling agar bisa digunakan untuk banyak tujuan yang berbeda.

Dengan online trading, transaksi minyak dapat dilakukan di mana saja. Dengan trading di bursa Amerika, maka Trading oil anda akan  memiliki 2 ways opportunity (2 arah keuntungan), yaitu melalui order buy dan order sell. Dengan order buy diharapkan harga naik untuk mendapatkan profit dan melalui order sell diharapkan harga turun untuk mendapatkan profit. Agar trading oil berhasil dilakukan, Anda perlu mengumpulkan informasi fundamental yang memengaruhi harga minyak dunia. Harga minyak bergerak melalui persepsi permintaan dan persediaan minyak dunia dari negara-negara penghasil minyak juga situasi ekonomi global.

Permintaan berlebih dan produksi yang menurun akan mendorong trader untuk menjual minyak mentah ke posisi yang lebih rendah. Sementara permintaan yang meningkat dan produksi yang menurun atau datar mendorong para trader untuk menawar minyak mentah ke posisi yang lebih tinggi. Sebelum memustuskan untuk terjun ke bisnis trading oil, Anda perlu melihat peluang dan risiko dari trading crude oil, seperti berikut.

Peluang Keuntungan

Trading oil mampu membuat keuntungan lebih besar melalui trading secara berjangka atau secara kontrak. Beberapa trader telah mampu menghasilkan ribuan dolar dalam satu trading. Harga minyak bisa berubah secara substansial dalam waktu singkat. Jadi, para trader bisa melihat keuntungan investasi mereka secara tiba-tiba. Dalam periode ketika harga minyak meroket, semua orang akan senang bisa membelinya dengan harga lebih rendah.

Tingkat likuiditas dalam perdagangan minyak juga terbilang tinggi karena diperdagangkan setiap hari. Belum lagi fasilitas laverage (pinjaman) yang memungkinkan trader dengan dana minim bisa ikut andil dalam perdagangan dengan membeli minyak menggunakan margin (uang jaminan/deposit). Persyaratan margin untuk minyak biasanya hanya sekitar 5% dari total investasi. Misalnya, Anda bisa membeli kontrak minyak senilai $100.000 cukup dengan menyediakan dana sebagai margin sebesar $5.000. Ini juga bisa sangat berisiko, tapi bisa menguntungkan karena setidaknya Anda memiliki pilihan.

Minyak adalah sumber yang tak tergantikan. Fakta bahwa persediaan minyak itu terbatas sangat menyedihkan bagi kebanyakan orang, namun bisa menguntungkan trader yang memilih berinvestasi secara berjangka. Komoditas lain seperti jagung dan ternak bisa diganti dan harganya bisa stabil. Namun, karena pasokan minyak dunia habis, harga minyak pasti akan meningkat.

Peluang Risiko

Trading oil memiliki risiko yang sama tingginya dengan peluang keuntungannya. Tingkat volatilitasnya yang tinggi, membuat harga minyak mudah berubah secara drastis dan mendadak. Tidak ada yang bisa memprediksi dengan pasti berapa harga minyak besok, minggu depan, atau bulan depan. Ini menunjukkan betapa sensitifnya bisnis ini. Seseorang bisa dengan cepat mendapatkan profit, namun bisa mengalami kerugian yang sama cepatnya.

Sistem trading dengan kontrak memiliki tanggal kedaluwarsa yang akan berakhir pada tanggal tertentu. Ini juga bisa menjadi risiko yang perlu diwaspadai. Jika Anda gagal menjalankannya sebelum tanggal tersebut, kontrak menjadi tidak berharga dan akan kehilangan banyak nilainya saat mendekati tanggal penyelesaian.

Seiring kenaikan harga minyak, pihak-pihak yang berkepentingan berusaha mencari sumber energi baru, seperti green energy, terlebih karena kekhawatiran terhadap lingkungan dan peningkatan pemanasan global. Sumber energi alternatif bisa secara drastis mengurangi konsumsi minyak jika suatu saat akan menjadi populer. Walaupun ini tidak akan terjadi dalam waktu dekat, namun tetap menjadi ancaman. Untuk mengurangi risiko-risiko yang ada, maka penting sekali untuk belajar trading crude oil terlebih dahulu

Crude Oil trading menggunakan Options

Pada prinsipnya Crude Oil atau dikenal dengan singkatan CL dapat ditradingkan dengan mudah menggunakan Options. Seperti layaknya saham, kita juga mampu membeli. Crude Oil ini tersedia di pasar Future dimana pasar ini bergerak 24 jam dan kita bisa trading di waktu kapan saja kecuali sabtu, minggu atau hari besar di Amerika.

Kenapa menggunakan Options padahal bisa trade OiL di Forex?  Jawabannya sederhana supaya bisa mengatur waktu dan strike dan tentu saja resiko yang anda.  Profit nya secukupnya saja, asal bisa 3%-5% sebulan saya rasa sudah cukup bagus

Trading Oil Menggunakan Options Selling

Dalam dunia Options Selling ada strategi yang dinamakan strangle, yaitu strategi yang khusus untuk trader yang suka dengan resiko tinggi dengan imbal hasil yang tinggi juga.  

Gambar diatas adalah gambar strategi short strangle yang digunakan untuk trading ( sekali lagi) bagi trader yang suka dengan Resiko Tinggi dengan imbal hasil yang tinggi.

Masalahnya adalah bagaimana cara trading crude oil menggunakan options sehingga maximal?

Simak pembahasan materi ini di Seminar Options Selling. 

Demikian info bagaimana trading oil menggunakan Options. Terima  kasih

Materi diatas akan dibahas pada acara di bawah ini:

Exclusive Seminar Options Selling

Topic:

“Cara Smart Trading Saham dan Options di Bursa Saham Amerika”

Venue : Jakarta