Melihat pada keuntungan yang ditawarkan, bisnis stock option ini memang menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang cukup menggiurkan. Karena dengan menjalankan bisnis stock option anda bisa mendapatkan keuntungan hingga jutaan bahkan ratusan juta. ( Baca : apa itu options, bagaimana hidup dari trading online, bisa trading for living, belajar trading options buat pemula bangat di Indonesia )

Bisnis stock option ini juga bukan bisnis yang terlalu sulit karena bisa dikerjakan oleh siapapun tanpa melihat latar belakang pendidikan atau pun latar belakang pekerjaan. Namun juga tidak bisa dikatakan terlalu mudah. Karena untuk bisa sukses di bisnis ini anda perlu terus belajar berbagai hal yang terkait dengan bisnis ini. Salah satunya adalah tentang apa perbedaan AM/PM di stock options.

Dalam bisnis stock option, anda akan menemukan banyak sekali istilah – istilah yang beberapa mungkin cukup asing. Khususnya bagi para pemain baru. Istilah seperti call and put option, At the Money, Instrinsic Value, Time Value, dan berbagai macam istilah lainnya perlu anda ketahui agar anda bisa lebih mudah menjalankan bisnis ini.

Salah satu istilah yang mungkin tidak terlalu banyak yang tahu adalah AM settlement dan PM settlement. Mungkin selama ini kita mengetahui perbedaan AM dan PM pada jam. Tapi apa perbedaan AM/PM di stock options sebenarnya?

Kedua hal tersebut pada dasarnya mengacu kepada rincian penjualan dan kadaluarsa indeks. Sebenarnya, ada banyak cara untuk menentukan rincian penjualan dan kadaluarsa indeks, akan tetapi cara AM PM settlement ini adalah cara yang paling umum digunakan.

PM Settlement menunjukkan penetapan nilai pada saat penutupan pasar. Kondisi ini merupakan kondisi dimana harga terakhir dilaporkan untuk penghitungan komposisi saham individual untuk menentukan nilai indeks. Sebagian besar ETF merupakan PM Settlement. Dan yang paling disukai adalah {QQQ}, {SPY}, {IWM}, dan {DIA}. Sedangkan untuk indeks pada PM Settlement yang paling dikenal adalah indeks S & P100 ({OEX}).

Sedangkan AM Settlement merupakan perhitungan harga pembukaan saham komponen individual dari suatu indeks sehingga opsi indeks dapat dieksekusi atau dijual berdasarkan nilai tersebut. Opsi indek AM Settlement yang paling umum dan mencakup berbagai industri adalah indeks S & P 500 (SPX).

Dalam definisi yang lebih sederhana, AM Settlement ini merupakan opsi stop trading yang berlangsung pada hari kamis malam. Namun, pada saat itu harga settlement atau jumlah yang nantinya akan anda dapatkan pada cash settlement masih belum bisa ditentukan hingga hari Jumat paginya. Kondisi ini bisa menyebabkan suatu masalah. Pada PM Settlement, opsi trading masih tersedia hingga akhir dari hari Jumat dan bergantung pada nilai akhir indeks. Sehingga, jika memang perlu, anda bisa melepaskan diri pada menit – menit terakhir.

Itulah penjelasan dari apa perbedaan AM/PM di stock options sebenarnya. Dengan penjelasan tersebut, secara ringkas dapat dikatakan jika anda adalah pemain baru dalam dunia stock option, maka sebaiknya anda hanya melakukan trading di PM settlement. Karena sejujurnya, dapat dikatakan bahwa tidak ada alasan apapun yang bisa menjelaskan mengapa anda harus bermain di AM settlement. Kecuali jika anda adalah pemain besar stock option dan perlu mengerjakan pesanan anda. Karena sebenarnya, kebanyakan pemain AM settlement adalah orang yang bermain secara bulanan. Sehingga akan ada lebih banyak likuiditas di sana.

Selain apa perbedaan AM/PM di stock options, masih ada banyak hal lainnya mengenai trading stock option. Karena itu, jika anda berencana untuk serius dalam bisnis ini, sebaiknya anda terus menerus belajar dan mengasah kemampuan anda mengenai stock option ini. Semoga sukses.