Apa itu Trading Options?

Apa itu Trading Options? Saat ini, bermain trading menjadi hal yang sudah tidak asing lagi di tengah masyarakat. Bahkan, keberadaannya kini sudah dilegalkan oleh pemerintah. Kegiatan trading sendiri sangatlah bervariatif, tergantung jenis dan besarnya investasi yang ditanamkan oleh pemainnya. Salah satunya adalah trading options. Lalu, apa itu trading options? Berikut ini akan dijelaskan tentang pengertian dan komponen utama trading options ini.

Pengertian apa itu Trading Options

Secara sederhana, trading options merupakan suatu kontrak yang memberikan hak untuk membeli atau menjual suatu aset pada harga tertentu dan dalam jangka waktu ang ditentukan. Dalam hal ini, aset yang dimaksud berupa stocks, valuta asing, atau saham. Dalam praktiknya, bermain options ini banyak diminati oleh pelaku trading. Karena, keuntungan yang bisa didapatkan jauh lebih besar dan dapat datang dari arah mana saja, seperti bullish, sideways, atau bearish.

Walaupun ada call dan put bahkan ada waktunya juga, trading options yang dimaksud dalam artikel ini berbeda dengan trading Binary Options yang sekarang banyak bahkan menjamur di pasaran. Apa yang membedakan keduanya?

Di Indonesia sendiri, kegiatan trading options ini disebut juga dengan kontrak opsi saham. Artinya, sebagai pelaku trading, Anda bisa menjual (biasa disebut dengan put options) atau membeli saham (call option). Transaksi pembelian atau penjualan ini dilakukan pada harga dan waktu tertentu.

Pada pelaksanaannya, para pelaku trading sebenarnya tidak membeli saham secara langsung atau secara riil. Membeli saham disini adalah membeli hak untuk bisa memainkan saham (jual beli) dengan harga tertentu saja. Oleh karenanya, pada permainan trading ini, diperlukan kontrak option yang menjelaskan tentang harga kesepakatan untuk menjual dan atau membeli saham. Kontrak kesepakatan tersebut dikenal dengan istilah regardless market condition. Dalam surat kontrak juga terdapat kesepatakan mengenai waktu berlaku, sifat option, dan stok yang ditetapkan.

Options sering disebut juga product derivatif dari Saham, ETF, Index dan Future, oleh karena itu, nilai Options sangat tergantung instumen yang mendasarinya; tentu saja nilai options bukan hanya tergantung instrument yang mendasarinya, tetapi juga tergantung tingkat volatile market, masa kadaluarsa dan yang tidak kalah penting adalah RHO

Komponen Utama Trading Options

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, dalam praktik trading options diketahui kontak option saham yang menjadi patokan dalam setiap kegiatannya. Berikut ini komponen utama dalam investasi options.

  1. Call Option

Call options merupakan kegiatan pembelian pada saham yang berada dibawah dengan harga yang mengacu pada harga di masa yang akan datang. Pengertian dari call option ini bisa menjadi pengantar Anda untuk mengetahui apa itu trading options. Mengingat, cara kerja dari call option sendiri setidaknya bisa memberi gambaran tentang bagaimana cara kerja trading option secara umum. Dengan hak diperoleh untuk membeli saham ini maka Anda dapat menjual atau mendapat keuntungan di harga saham di waktu yang akan datang.

  1. Put Option

Jika call option merupakan hak yang diberikan untuk membeli, put option merupakan hak yang diberikan untuk menjual saham dengan harga yang akan muncul dimasa depan. Namun, hak menjual saham ini bukan sebuah keharusan. Sehingga, jika trader nyatanya tidak ingin menjual sahamnya maka hal tersebut diperbolehkan. Kalaupun ketika Anda memilih menjual saham yang ada dan ternyata kurang tepat, Anda masih mendapat keuntungan dari kesepakatan harga yang ada pada kontrak option tadi.

  1. Opsi Keuangan

Opsi keuangan atau dikenal dengan istilah options moneyness merupakan milai dari setiap kontrak stock options. Dalam praktiknya, terdapat beberapa bagian dari opsi keuangan ini, di antaranya ITM (In the Money), ATM (At the Money), dan OTM (Out the Money). Pada bagian terakhir merupakan bagian penutup dari kegiatan trading options. Karena jika sudah mencapai bagian OTM maka artinya stock opstions Anda sudah mencapai batas kadaluarsa dan nilai stock Anda sudah meningkat seiring dengan kenaikan ITM.

Ketiga komponen diatas merupakan hal utama dan mendasar yang wajib diketahui oleh para pelaku trading optons. Mengingat, kegiatan trading opstions sendiri selalu berhubungan dengan ketiga hal diatas.

Apa yang menjadi keuntungan trading Options?

Sisi menguntungkan lain dari option selling adalah karakteristiknya bila digunakan sebagai instrumen trading. Pada umumnya trading dilakukan secara directional, yaitu tebak arah. Dan hal ini menyebabkan adanya kewajiban untuk tepat dalam meramal arah pergerakan harga. Hal ini cenderung sulit. Karena base ketepatan seseorang selalu sekitar 50:50 berdasarkan para professor yang meneliti mengenai probabilitas trader dalam bertransaksi. Hal ini menyebabkan seseorang terus berjuang untuk menguasai analisa teknikal & fundamental untuk menaikkan drastis probabilitas 50% itu agar berhasil dalam trading. Dan mereka umumnya gagal lalu menyerah. Sementara metode Option selling yang digunakan oleh Warren Buffett bisa membuat base probability trading kita menjadi sangat tinggi 


Trader Options Selling akan mampu mendapatkan keuntungan bahkan dari saham / index / commodity seperti Gold. Oil. Gas, bahkan pada saat turun, baik dan sideway


 

“Bayangkanlah dunia investasi sebagai suatu ring tinju besar dengan kekacauan yang luarbiasa ada di dalamnya. Bull (banteng) dan Bear (beruang) sedang bertempur di tengah tengahnya (hal ini melambangkan pertempuran arah naik dan turun dalam dunia trading). Dollar dan Cent terbang kemana-mana. Di mama mana terdapat uang pecahan kecil yang kita bisa pungut saat dia beterbangan keluar ring. Tujuan kita adalah tidak masuk dalam ring dan tidak ikut bertarung bersama mereka. Mereka akan selalu lebih besar, lebih kuat, ataupun lebih cerdas dari kita, ataupun sangatlah nekat (melambangkan bahwa di dunia investasi kita akan melawan pihak yang modalnya luarbiasa raksasa seperti bank & hedge fund, melawan professional yang luarbiasa cerdas atau bahkan melawan komputer, atau melawan  pihak yang bersedia melakukan apa saja untuk menang). Ikut bertarung dalam ring adalah kesalahan besar yang selalu dilakukan para pemodal kecil dan mereka dapat dengan mudah terbantai”

“Yang kita lakukan adalah berdiri di luar ring dengan ember2 di depan kita. Saat dollar dan cent itu terpantul, terbang keluar, atau menggelinding keluar ring, kita cukup mengambilnya masuk dalam ember. Saat kita konsisten melakukannya hari demi hari, bulan demi bulan, di akhir tahun kita akan memeriksa seluruh embernya yang kita penuhkan setahun ini. Dan setelah dihitung jumlah ember yang kita penuhkan akan sangatlah banyak. Bahkan seringkali total jumlah isinya jauh lebih besar dibanding ikut masuk bertanding dalam ring dan dihajar oleh para makhluk menakutkan tersebut. Para option seller yang sukses berpikir bahwa modal mereka digunakan untuk berbisnis. Mereka sama sekali tidak berjudi. Mereka cuma mengambil trade berprobabilitas tinggi, terus menerus secara berulang. Dan apa yang mereka lakukan tersebut konsisten memenuhi akun bank mereka”

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu trading options dan seperti apa di dalamnya, semoga bermanfaat!

Materi diatas akan dibahas pada acara di bawah ini:

Exclusive Seminar Options Selling

Topic:

“Cara Smart Trading Saham dan Options di Bursa Saham Amerika”

Venue : Jakarta